Welcome

Selamat Datang di Blog SMK Nusantara Tulang Bawang - Lampung

Selasa, 01 Februari 2011

Jalur Undangan Terbuka untuk Sekolah Akreditasi C

http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/jalur-c.aspx


Jakarta --- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 memberikan kesempatan kepada siswa pada sekolah berakreditasi C untuk  mengikuti seleksi melalui jalur undangan. Kesempatan ini diberikan kepada 10 persen siswa yang memiliki prestasi akademik terbaik di sekolahnya.
Hal tersebut disampaikan Rektor IPB Herry Suhardiyanto selaku Ketua Umum Panitia SNMPTN 2011, didampingi Rektor Unversitas Andalas Musliar Kasim, selaku Ketua Majelis Rektor PTN di Hotel Atlet Century, Jakarta, Sabtu (29/1/2011).

Herry menyampaikan, sebelumnya jalur undangan diprioritaskan bagi siswa kelas 12 pada sekolah berakreditasi A dan B yang duduk di peringkat 25 persen terbaik. Dia menjelaskan, kebijakan ini mengakomodasi masukan dari para kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa termasuk insan pers selama kegiatan sosialisasi. "Siswa sekolah akreditasi C dapat disertakan dalam proses undangan. Hanya, dibatasi maksimum 10 persen," ujarnya.
Herry menyampaikan,berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 34/2010 mekanisme penerimaan mahasiswa baru PTN 2011 dilakukan dengan pola seleksi nasional melalui jalur ujian tertulis/keterampilan dan jalur undangan. Dia mengatakan, pada 2011 jalur undangan baru pertama kali dilaksanakan. "Sebelumnya, tahun 2010 hanya (melalui) ujian tertulis/keterampilan," katanya.
Adapun kepada siswa pelamar dari sekolah berakreditasi A dan B, panitia SNMPTN juga memberikan persyaratan khusus. Untuk sekolah akreditasi A kelas akselerasi semua siswa (100%) dapat diikutsertakan melalui jalur undangan, sedangkan untuk sekolah akreditasi A kelas Rintisan Sekolah Berstandar Internasional/Unggulan sebanyak 75 persen siswa terbaik.
Kemudian untuk akreditasi A kelas reguler sebanyak 50 persen siswa terbaik. Sementara untuk sekolah akreditasi B sebanyak 25 persen siswa terbaik. "Formula persyaratan siswa pelamar dan persyaratan sekolah yang lebih lengkap untuk memberikan kesempatan bagi para siswa kelas 12 itu masuk melalui jalur undangan," ujarnya.
Adapun syarat sekolah yang dapat mengikuti jalur undangan adalah telah berakreditasi A, B, atau C dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2010. Informasi awal mekanisme penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan dapat dilihat pada laman www.snmptn.ac.id.
Pendaftaran SNMPTN jalur undangan pada 1 Februari-12Maret 2011. Pengumuman pada 18 Mei 2011. Adapun registrasi mahasiswa baru pada 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011. Pendaftaran dapat dilaksanakan melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id dengan mekanisme pembayaran melalui Bank Mandiri.
SNMPTN 2011 akan diikuti oleh sebanyak 60 PTN di Indonesia. Daya tampung nasional sebanyak 165.034 kursi terdiri atas jalur undangan sebanyak 53.850 (33%) dan jalur ujian tertulis/keterampilan sebanyak 111.184 (67%). (agung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar