Welcome

Selamat Datang di Blog SMK Nusantara Tulang Bawang - Lampung

Kamis, 27 Januari 2011

Gen menentukan pertemanan

Gen menentukan pertemanan
Tatam/Fotokita.net
 
Hasil dari sebuah penelitian baru mengemukakan bahwa gen manusia berperan dalam memilih teman dan memengaruhi pilihan hidup nantinya,

Studi yang dilakukan oleh National Longitudinal Study of Adolescent Health and the Framingham tersebut mendapati kalau orang dengan gen tertentu memilih teman yang bersifat mirip dengannya. Sementara orang yang memiliki gen tertentu lainnya, memilih orang dengan sifat berbeda sebagai teman.

Sebagai contoh, orang dengan varian gen DRD2 akan merasa lebih tertarik dengan orang lain yang juga memiliki varian yang sama. DRD2 dalam genetika terlibat dalam produksi reseptor dopamin, reseptor penting dalam sistem saraf di tulang belakang.

"Jika seseorang impulsif maka ia juga akan memilih teman-teman yang lebih impulsif," kata James Fowler, professor dari University of California-San Diego, yang melakukan studi ini. ia juga menyebutkan kalau orang yang impulsif umumnya lebih sering mengunjungi tempat-tempat, seperti bar, taman hiburan, tempat mereka dapat bertemu dan berteman dengan orang-orang sepaham.

Gen lainnya--gen yang juga memengaruhi hati memproses makanan dan obat, serta berhubungan dengan keterbukaan dalam pengalaman--menentukan sifat yang berlawanan. Dalam hal ini, orang lebih menginginkan pertemanan dengan orang lain yang memiliki gen berbeda dengan mereka. 

Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa orang cenderung memilih pasangan dengan perbedaan sistem kekebalan tubuh agar menghasilkan keturunan dengan sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan berbagai penyakit.(Stephanie Silitonga, Foxnews/Healthland.time) national geografic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar